POLITEKNIK PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS PAYAKUMBUH
Rabu, 17 Desember 2008
2 Orang Dosen Politani Ikut Pelatihan Entrepreneurship
Menciptakan Lulusan Perguruan Tinggi Pencipta Kerja Melalui Entrepreneurship

Salah satu tantangan pendidikan tinggi Indonesia saat ini adalah bagaimana merubah paradigma berfikir lulusan dari job seeker kepada job creator ditengah pertumbuhan ekonomi yang rendah dan ketersedian lapangan pekerjaan yang terbatas. Ada tiga watak penting yang menjadi penanda seorang wirausaha yaitu individu yang mampu menciptakan kesempatan (opportunity creator), mampu menciptakan hal-hal atau ide-ide baru yang orisinal (innovator) dan terakhir harus berani mengambil resiko dan mampu mengitungnya (calculated risk taking). Dan kewirausahaan ini bukanlah sesuatu yang tidak bisa dipelajari, perguruan tinggi adalah salah satu tempat yang paling pas untuk melakukan pendidikan kewirausahaan ini. Memperhatikan kondisi relevansi pendidikan tinggi Indonesia ini, untuk tahun 2009, Dikti menjadikan program kewirausahaan sebagai program prioritas nasional yang harus dijalankan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dikti menyebutnya dengan Program kewirausahaan mahasiswa. Untuk itu, pada Selasa (9/12) bertempat di hotel Century, Jakarta, Dikti memulai dengan program Training of Trainers (TOT) Pendidikan Kewirausahaan bagi para dosen perguruan tinggi untuk Batch I. Direncanakan untuk tahun ini akan dilakukan dalam dua Batch.

Salah satu yang paling gigih dan serius mengembangkan semangat kewirausahaan ini adalah Dr. Ir. Ciputra. Melalui University of Ciputra Entrepreneurship centernya (UCEC) telah mengembangkan berbagai program pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, seperti CROWN dan Trusty Worthy. Dalam program pelatihan ini segmennya betul-betul generasi muda. Umur tidak lebih lewat dari 30 tahun. Tidak hanya di kelas, para peserta dalam bentuk tim dilibatkan dalam pengalaman/praktik langsung lapangan yang mereka sebut dengan crown 1 dan II dan trusty worthy I dan II. Tentu masih banyak yang lain, seperti misalnya Bank Mandiri melalui program corporate Social Responsibilitynya juga telah mengembangkan program penghargaan bagi wirausaha muda bagi kalangan mahasiswa dan alumni.
Pada TOT ini para peserta akan belajar banyak dari bapak Ciputra dengan teamnya dari University of Ciputra Entrepreneurship selama kurang lebih lima hari. Diharapkan para peserta mampu mereplikasikan pelatihan kepada para mahasiswa-mahasiswa mereka yang ada dalam kampus masing-masing.

“Demi intensitas pelatihan per batch peserta dibatasi paling banyak 50 orang. Tahun depan direncanakan akan melibatkan 1600 orang dosen dengan mengundang pelatih dari berbagai penggerak kewirausahaan selain Ciputra”, kata Dirjen Dikti, dr. Fasli Jalal, Ph.D dalam pembukaan program TOT ini. Menurut Dirjen, sebetulnya program ini bukanlah creatio ex nihilo juga, Karena beberapa perguruan tinggi telah memiliki dan mengembangkan berbagai program kewirausahaan dengan berbagai nama. Beberapa perguruan tinggi bahkan telah tampil lebih maju dengan incubator-inkubator dan pusat-pusat bisnis dalam menyiapkan lulusan-lulusan yang bisa merubah sampah menjadi emas.

2 orang diantara peserta pelatihan ini adalah berasal dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yaitu Elviati, SP, MP dan Yuni Ernita, STp, MP. Keduanya adalah dosen kewirausahaan. Mudah2an ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di kampus Politeknik Pertanian Tercinta ini. Semoga.....
posted by Harmailis Chaniago @ 18.54  
1 Comments:
  • At 28 Januari 2009 20.48, Blogger shaxy said…

    salam.
    nama saya wija, saya mau bertanya apakah politani menyediakan/menjual starter em4 n asper niger n saccaromyches n azetobacter?
    terima kasih.
    mohaon dibalas

     
Posting Komentar
<< Home
 
..Prodi yang terdapat di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, 1. Tata Air Pertanian, 2. Mesin Peralatan Pertanian, 3. Teknologi Pangan, 4. Budidaya Tanaman Pangan, 5. Agribisnis, 6. Peternakan, 7. Hortikultura, 8. Budidaya Tanaman Perkebunan, 9. Manajemen Produksi Pertanian dan 10. Manajemen Perkebunan..........
Jalur Pendidikan Vokasional Pertanian di Sumatera Barat
SECUIL INFO
INFO SEBELUMNYA
LIHAT LAGI INFO
TAWARAN PROGRAM STUDI

8 Program Studi D-III : Budidaya Tanaman Perkebunan, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Teknologi Produksi Hortikultura, Teknik Sumberdaya Air dan Lingkungan, Teknologi Pangan, dan Mesin Peralatan Pertanian dan 2 Program Studi D-IV, Manejemen Produksi Pertanian dan Manajemen Perkebunan

Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER